Friday 8 March 2013

Coralia Study Club UNHAS Bedah Film “Blue Coral : Coral Seas Volume 6”

Kamis (7/3/13),bertempat di ruang rapat FIKP UNHAS lantai III, dengan simak mahasiswa ilmu kelautan menyaksikan film “Blue Coral : Coral Seas Volume 6” yang disuguhkan oleh Coralia Study Club UNHAS atau biasa di singkat CSC. Beberapa mahasiswa terkesima dan sedikit tegang dengan suasana ruangan yang redup dibantu efek suara dari film yang diputarkan. 
 
Kegiatan ini dimulai pada pukul 13.10 WITA dengan 22 peserta yang berasal dari mahasiswa ilmu kelautan sendiri dan salah seorang dosen ilmu kelautan yang juga sebagai pembina CSC. Bapak Syafyuddin Yusuf, ST,M.Si atau Pak Ipul sapaan akrabnya adalah salah satu dosen coralogy ilmu kelautan UNHAS yang menjadi fasilitator dalam bedah film ini.Bapak kelahiran Bima (1969) ini juga adalah bapak coral se-Indonesia timur, maka tak heran jika beliau dianggap sebagai orang yang sangat berkompeten menjadi pembicara pada kegiatan ini.
Pak Ipul lagi menjelaskan
Bedah film ini bertujuan untuk membuka mata kita terkaitperan karanguntuk kehidupan ekologi terlebih kepada mahasiswa ilmu kelautan yang memang akan berbicara banyak soal ini. Juga agar mahasiswa dapat tergerak secara konservasi guna keberlanjutan kehidupan organisme karang yang saat ini krisis ekologi.
 
“Bedah film ini adalah salah satu ajang untuk menumbuhkan jiwa laut untuk anak laut dalam terapan satu spesifikasi ilmu yang didalami di jurusan ilmu kelautan UNHAS”, ujar Tarsan, ketua CSC saat ditanyai.
 
Film ini menggambarkan bagaimana reproduksi, interaksi, kompetisi, predisi dan adaptasi baik karang maupun organisme lain yang berada disekitar terumbu karang.Dimana peran terumbu karang menjadi rumah dan tempat mencari makan bagi organisme lain mulai organisme mikro hingga organisme yang paling besar. Terumbu karang juga menjadi tembok penghalang yang mampu menahan derasnya ombak yang akan menghempas kepermukaan pesisir.
 
CSC sendiri merupakan organisasi ilmiah dibawah yang berorientasi pada karang. Dibentuk kembali pada tanggal 22/2/13 yang sempat vakum setelah pembentukan awalnya 7/10/2010 silam.
 
Meski organisasi ini belum teraktualisasi sepenuhnya, namun sudah terlihat jelas bahwa tujuan dari dibentuknya CSC ini akan sangat memengaruhi masa depan mahasiswa kelautan dan juga kehidupan karang tentunya.

0 comments :

Post a Comment