Tuesday 5 March 2013

DISKUSI DAN KORIDOR BUKU


Senin/selasa, tanggal 4-5 maret 2013, Senat Mahasiswa Kelautan Universitas Hasanuddin mengadakan Diskusi dan Bazar Buku yang di fasilitasi langsung oleh Departemen Advokasi dan Kajian Strategi. Diskusi kali ini mengangkat tema "Ada Apa Dengan Lembaga Kemahasiswaan Hari Ini" yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 4 maret 2013 bertempat di Koridor Kelautan. Tema ini diangkat dengan tujuan untuk menyikapi kondisi Lembaga kemahasiswaan yang semakin hari semakin tidak jelas arah tujuan kemana, dan tentunya menyikapi geliat birokasi yang semakin terasa di lembaga kemahasiswaan.   

      Tahapan dari kegiatan ini adalah  pertama koridor buku kelautan yang berbarengan dengan akustikan , bekerja sama dengan Toko Buku Papirus, buku yang disediakan adalah buku umum. Tujuannya adalah menyediakan wadah bagi teman-teman untuk membaca, selama kegiatan ini jalan banyak teman-teman yang singgah, baik melihat, membaca dan membeli buku. Kedua yaitu  Diskusi dengan tema “Ada Apa dengan Lembaga Kemahasiswaan Hari Ini”, yang perlu ditahu kultur dari lahirnya sebuah lembaga adalah kebutuhan mahasiswa, bukan kebutuhan birokrasi, karena lembaga itu adalah Dari, Untuk Dan Oleh Mahasiswa. 

Suasana Diskusi
      Pemateri dalam diskusi ini adalah Muh, Maula razak angkatan 2007 dari fakultas ekonomi, hal pelik yang dihadapi dilembaga saat ini adalah kesadaran mahasiswa untuk berlembaga, tidak terkecuali terjadi disetiap Lembaga Kemahasiswaan. Pertanyaannya apakah lembaga sekarang tidak menarik lagi? Menurutnya ada beberpa hal yang mempengaruhi mahasiswa untuk berlembaga yaitu Hegemoni Karaokean, asyik dengan dunia maya ( facebook, twitteran ) dan disibukkan dengan  kerja tugas yang diberikan oleh dosen. 

      Terlepas dari itu intervensi yang dilakukan olek pihak birokrasi. Keberhasilan dari birokrasi adalah mematikan sebuah lembaga kemahasiswaan, yaitu dengan cara memberikan ancaman berupa skorsing dan D.O ( drop out ) ke pengurus lembaga. Kunci keberhasilan ini adalah adanya pertukaran informasi ( share ) yang dilakukan oleh birokrasi misalnya birokrasi fakultas A berhasil mematikan lembaga kemahasiswaanya, kemudian berbagi informasi ( share ) dengan birokrasi B beginilah yang saya lakukan terhadap lembaga kemahasiswaanku, itulah pola yang terjadi dibirokrasi saat ini. Sedangkan kekurangan dari Lembaga kemahasiswaan adalah kurangnya pertukaran informasi ( share ) disetiap lembaga kemahasiswaan, intinya Lembaga Kemahasiswaan sekarang tak lagi solid.

1 comments :

rajinlah menulis anak muda....
sejarah dari lembaga akan selalu dikenang, dan akan selalu beregenerasi pada zamannya.

Post a Comment