Sunday 3 March 2013

PELATIHAN MENULIS BERSAMA “MAKASSAR NOL KILOMETER” part 1

Minggu sore yang senja dipelataran ruang tamu Kampung Buku (BTN CV Dewi). Dimulai pada pukul 16.00 WITA, beberapa mahasiswa ilmu kelautan UNHAS dengan tenang tapi santai sedang mengikuti pelatihan menulis bersama editor buku Makassar Nol Kilometer, Anwar Jimpe Rahman. Dengan suguhan kopi arabika dan suasana kekeluargaan menambah sikap antusias mahasiswa mendengarkan pemateri menjelaskan materinya. 



Kegiatan ini dilaksanakan pada hari minggu tanggal 3 maret 2013 yang diinisiasi oleh beberapa mahasiswa ilmu kelautan sendiri yang  sangat berkeinginan memahami cara penulisan yang baik dan benar. Dan sebagai orang yang berpengalaman dan yang lebih tau tentang penulisan, Jimpe sapaan akrabnya menjadi mediator dari pelatihan penuisan ini.

Melihat dari kondisi mahasiswa ilmu kelautan sendiri yang haus akan publikasi tulisan ilmiah, latihan ini sangatlah bermanfaat tentunya. Menulis menjadi sangat penting bagi mahasiswa ilmu kelautan, kerena nantinya akan dimanfaatkan untuk memublikasikan karya-karya ilmiah mereka, skripsi dan banyak manfaat lain didalamnya. 

Pelatihan ini dimulai dengan membahas tentang jurnalistik. “Jurnalistik merupakan dasar yang sangat perlu dipahami lebih dulu, dan setelah jurnalistik ini akan banyak metode-metode penulisan lain yang akan kita ulas dan perlu pemahaman lebih, kata Jimpe”. Tambahnya, jurnalistik menjadi sangat penting diawal pelatihan karena jurnalistik sangatlah menekankan kaedah-kaedah penulisan yang baik dan benar.

Berbicara jauh soal pelatihan ini, nantinya akan ada latihan meneliti terkait permasalahan masyarakat, dimana hasil penelitian masing-masing peserta ini akan disatukan untuk kemudian disajikan dalam sebuah buku.

2 comments :

Dari gaya penulisan, saya tau ini penulis.

Dari gaya penulisan, saya tau ini penulis.

Post a Comment