Wednesday 27 February 2013

“Sebarkan Ilmu dengan Berbagi Buku”




Membaca merupakan hal yang sangat penting karena dapat membuka wawasan baru. Banyak hal-hal baru yang akan Anda temukan dalam sebuah bacaan. Hal-hal yang belum pernah kita ketahui. Bahkan hal-hal yang sebelumnya tidak pernah Anda bayangkan ada.

Membaca dapat mencerdaskan intelektual, spiritual, emosional, dan kepercayaan diri yang berpadu dengan kerendahan hati. Membaca akan membuka peluang kita untuk menyerap sebanyak mungkin ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi kehidupan. Membaca akan menumbuhkan kemampuan kita untuk berpikir kreatif, kritis, analitis dan imajinatif. Melalui membaca kita akan membentuk kemampuan berpikir lewat proses: menangkap gagasan/informasi, memahami, mengimajinasikan, menerapkan dan mengekspresikan.

Banyak yang mengatakan buku adalah jendela dunia. Betul sekali, buku adalah jendela dunia. Dengan membuka buku berarti Anda membuka jendela dunia. Anda bisa melihat keluar, sesuatu yang baru atau pemandangan yang berbeda dengan apa yang ada di rumah kita. Yang dimaksud rumah adalah pikiran kita saat ini. Sebagian orang mengatakan bahwa dengan membaca sebuah buku berarti kita membuka cakrawala.

Membaca buku adalah kita menyelami dunia lain, yaitu sebuah dunia yang ada di dalam pikiran orang lain. Sementara setiap orang memiliki dunia masing-masing. Dengan membaca buku kita akan menyelami berbagai dunia orang lain yang akan memberikan kita kebijaksanaan yang lebih mendalam dalam menghadapi hidup.

Tidak ada, satu buku pun yang pernah ditulis di dunia yang tidak membawa manfaat. Setiap buku akan membawa manfaat kepada kita jika kita mampu menangkap makna dan hikmah. Jika kita masih kesulitan menangkap makna dan hikmah dari suatu buku, berarti kita harus meningkatkan keterbukaan pikiran kita. Hikmah dan makna sebuah buku tidak akan masuk ke dalam pikiran yang tertutup.

Satu-satunya buku yang tidak membawa manfaat adalah buku yang tidak pernah kita baca. Sekali kita membaca buku, maka makna dan hikmah buku tersebut bisa masuk ke dalam pikiran kita jika pikiran kita terbuka. Anda adalah salah seorang yang memiliki pikiran terbuka, saya yakin. Sebab Anda mampu membaca artikel ini sampai pada paragrap ini. Ini berarti, Anda akan mampu menerima makna dan hikmah dari buku manapun yang Anda baca

Perpuskaan merupakan sumber segala ilmu pengetahuan. Diera globalisasi saat ini perpustakaan merupakan bagian yang sangat berpengaruh dalam kemajuan. Dimana sebuah perpustakaan sangat berpengaruh  untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang dapat digunakan sebagai sarana  kegiatan untuk berpikir, berkomunikasi dan belajar yang semua itu dibangun atas ilmu pengetahuan dan teknologi yang bisa kita dapat melalui banyak membaca buku. Adapun keunggulan didirikannya perpustakaan adalah untuk menarik minat baca sehingga kita dapat memperoleh informasi yang diinginkannya dengan mudah melalui sarana perpustakaan. Yang mengoleksi berbagai kumpulan buku-buku yang terdiri dari berbagai bidang sehingga memudahkan bagi masyarakat untuk mengetahui perkembangan yang terjadi diera globalisasi saat ini.

Menjadi warga binaan Rumah Tahanan bukan berarti mereka harus terasing dari cakrawala pengetahuan. Meski fisik mereka terpenjara tapi hati dan pikiran mereka harus tetap merdeka. Warga binaan rumah tahanan, secara psikologis akan merasa terasingkan jika berada dalam jeruji besi. Pemikiran mereka yang sebelumnya cenderung ke yang salah  akan lambat laung berubah jika mereka mendapatkan referensi atau contoh perilaku yang baik, yakni salah satunya dengan buku

Berangkat dari pemikiran diatas maka kami dari Senat Mahasiswa Kelautan Universitas Hasanuddin dan Warga Binaan Rumah Tahanan Kelas II B Kabupaten Barru, Insya Allah akan melakukan pengadaan buku perpustakaan sebagai wujud kepedulian pentingnya membaca.

            Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah Membudayakan gemar membaca pada warga , Membantu mencerdaskan kehidupan bangsa, Memberi kemudahan kepada warga dalam mencari literature bacaan, Dapat tanggap dalam kemajuan pada berbagai lapangan ilmu pengetahuan, kehidupan sosial dan politik, Dapat memelihara kemerdekaan berfikir yang konstruktif untuk menjadi anggota keluarga dan masyarakat yang lebih baik, Dapat mengembangkan kemampuan berfikir kreatif, membina rohani dan dapat menggunakan kemempuannya untuk dapat menghargai hasil seni dan budaya manusia, Dapat menjadi warga negara yang baik dan dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan nasional dan dalam membina saling pengertian antar bangsa, serta Dapat menggunakan waktu senggang dengan baik yang bermanfaat bagi kehidupan pribadi dan sosial.

Dengan mengusung tema “Sebarkan Ilmu dengan Berbagi Buku” kami mengharapkan kepada seluruh elemen dapat memberikan bantuan berupa donasi buku. Adapun jenis koleksi buku yang kami harapkan adalah Bidang Keagamaan (Mencakup beberapa bidang ilmu seperti Ilmu Fiqh, Aqidah, Akhlaq dan kitab-kitab (buku) lain penunjang kegiatan pengembangan wawasan keagamaan (Islam).), Bidang Lingkungan Hidup (Mencakup beberapa bidang lingkungan hidup seperti Ekologi, biologi , kelautan, kehutan, perikanan, pertanian, Pengembangan Ekowisata, dan lain-lain yang termasuk dalam buku tentang lingkungan hidup terkhusus Kelautan), dan BidangUmum (Mencakup beberapa bidang seperti Politik, Sosial, Budaya, Ekonomi, Filsafat, Hukum, ilmu pengetahuan dan teknologi serta bidang-bidang lain penunjang wawasan umum.)

Jika anda memiliki buku dan mau men-donasikan silahkan bawah langsung atau kirim ke Senat Mahasiswa Kelautan Universitas Hasanuddin di gedung Fakultas Ilmu kelautan dan Perikanan, dan jika berada dalam wilayah makassar hubungi kami di no kontak 085223114084/085244848280 Insya Allah kami akan jemput bukunya.

0 comments :

Post a Comment